Yayasan Wikimedia/Kepala Eksekutif

From Meta, a Wikimedia project coordination wiki
This page is a translated version of the page Wikimedia Foundation/Chief Executive Officer and the translation is 100% complete.


Chief Executive Officer

The Chief Executive Officer is the senior staff officer of the Wikimedia Foundation, overseeing the operations of the Foundation and its professional staff. The Chief Executive Officer reports to the Board of Trustees and is supported by the Office of the CEO.

The CEO is responsible for running the business side of the Wikimedia Foundation, engaging with communities to inform decision making, and representing the Wikimedia Foundation to the broader public.



Maryana Iskander menjadi Chief Executive Officer (CEO) Yayasan Wikimedia pada Januari 2022.


Maryana Iskander menjadi Direktur Eksekutif Yayasan Wikimedia setelah satu dekade sebagai Direktur Eksekutif Harambee Youth Employment Accelerator, sebuah perusahaan sosial nirlaba yang berkutat pada pembangunan solusi Afrika untuk mengatasi krisis global pengangguran kaum muda. Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Planned Parenthood Federation of America, gerakan sosial berbasis sukarelawan.

Maryana lahir di Kairo, Mesir, sebelum beremigrasi dengan orang tuanya ke Amerika Serikat. Sejak itu, dia telah tinggal dan belajar di Amerika Serikat dan Eropa sebelum menetap di Afrika Selatan.

Karirnya telah dibentuk oleh pekerjaan yang menggabungkan orang, dampak, dan teknologi untuk memecahkan hambatan dan meningkatkan akses ke kesempatan.



Office of the CEO

Nadee Gunasena

Chief of Staff & Director of Executive Communications

Margo Lee

Deputy Chief of Staff

Pekerjaan Kantor CEO

Kantor CEO mendukung CEO dalam peran mereka, bekerja dengan setiap departemen di Yayasan dan dengan Dewan Pengawas. Kami secara teratur bertemu dengan anggota komunitas di konferensi masyarakat dan percakapan 1:1. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang pekerjaan kami atau ingin menghubungi kami, silakan hubungi kami melalui halaman obrolan kami di Meta atau melalui email.

Pekerjaan kami yang sedang berlangsung meliputi:

Perencanaan multi-tahun

Perencanaan tahunan Yayasan didasarkan pada strategi multi-tahun dan multi-generasi. Kantor CEO bekerja dengan para pemimpin di seluruh organisasi, gerakan dan masyarakat untuk terlibat dalam tiga bidang perencanaan yang kami percaya diperlukan untuk memajukan misi kami selamanya.

Rencana Tahunan

Setiap tahun, Yayasan menerbitkan Rencana Tahunan yang merangkum pekerjaan kami dalam empat tujuan utama. Kantor CEO mengelola dan memimpin proses perencanaan, yang mencakup percakapan masyarakat untuk mendengar ide dan umpan balik.

Urusan Dewan

Kantor CEO menawarkan bantuan kepada Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia dan memberikan dukungan tingkat eksekutif kepada Pengawas.