Help:Talk page/id

From Meta, a Wikimedia project coordination wiki

Terdapat dua jenis halaman pembicaraan - halaman pembicaraan biasa digunakan untuk membahas artikel, sedangkan halaman pembicaraan pengguna digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain atau meninggalkan pesan kepada mereka. Setiap halaman memiliki halaman pembicaraan terkait, kecuali halaman di Istimewa: ruang nama. Jika tidak ada diskusi tentang suatu halaman, tautan ke halaman pembicaraannya akan berwarna merah. Anda masih dapat mendiskusikan halaman tersebut - Anda hanya akan menjadi orang pertama yang melakukannya.

Mengakses halaman pembicaraan[edit]

Untuk mengakses halaman pembicaraan, cari tautan berlabel Pembicaraan, Diskusi atau Diskusikan halaman ini. Tautan ini dapat ditemukan di bagian atas halaman atau di sisi kiri (dekat Sunting halaman ini).

Halaman pembicaraan menambahkan Talk: di awal judul halaman utama. Jika halaman utama memiliki awalan maka bicara ditambahkan setelah prefiks ini. Misalnya, halaman pembicaraan yang terkait dengan ruang nama artikel utama hanya memiliki awalan Talk:, sedangkan halaman pembicaraan yang terkait dengan ruang nama pengguna memiliki awalan Pembicaraan pengguna:. Artikel ini ada di ruang nama Bantuan:, jadi halaman pembicaraan untuk artikel ini adalah Help talk:Talk page. Halaman Utama ada di ruang nama utama (karena tidak memiliki awalan), jadi halaman pembicaraannya hanya berupa Talk:Main Page.

Setelah orang lain menyunting halaman pembicaraan pengguna Anda, pemberitahuan "Anda memiliki pesan baru" secara otomatis ditampilkan pada semua halaman yang Anda lihat, sampai Anda melihat halaman pengguna Anda.

Penggunaan halaman pembicaraan[edit]

Anda harus menandatangani kontribusi Anda dengan mengetik tiga atau empat tilde:

  • (~~~ = Nama pengguna)
  • (~~~~ = Nama pengguna 19:40, 23 April 2024 (UTC)).

Lihat Help:Automatic conversion of wikitext .

Pada halaman pembicaraan, "halaman ini" biasanya mengacu pada halaman utama (yaitu halaman yang diasosiasikan dengan halaman pembicaraan). Jika halaman pembicaraan itu sendiri yang dirujuk, tulis "halaman pembicaraan ini".

Saat memperdebatkan nama halaman atau mendiskusikan penggabungannya dengan halaman lain, selalu sebutkan nama halaman saat ini. Jika sebelum setelah mengubah (memindahkan) halaman, referensi ke "nama halaman ini" menjadi ambigu.

Fitur "Tambahkan diskusi" memungkinkan Anda memulai bagian baru tanpa perlu menyunting keseluruhan halaman. Bagian Header menjadi Suntingan ringkasan saat Anda menyimpan halaman, sehingga hanya perlu diketik sekali.

Praktik "spamming" - menyimpan pesan serupa ke lebih dari beberapa halaman pembicaraan pengguna, seringkali untuk tujuan meminta tindakan tertentu-tidak dianjurkan.

Pemformatan[edit]

Karena platform perangkat lunak wiki menyediakan berbagai macam gaya pemformatan, pemformatan yang tepat atau setidaknya konsisten sangat penting untuk menjaga halaman pembicaraan yang dapat dibaca.

Referensi komentar ditentukan oleh jumlah titik dua (':') di depannya. Jika balasan dibuat untuk pernyataan, seseorang menambahkan titik dua ke jumlah titik dua yang digunakan dalam pernyataan yang dibalas. Gaya percakapan ini mudah dibaca.

Contoh:

How's the soup? --[[User:Bob|]]
:It's great!! --[[User:Lisa|]]
::Not too bad... --[[User:George|]]
:::I made it myself! --[[User:Bob|]]
I think the soup-discussion should be moved to [[Talk:Soup]]... --[[User:Lisa|]]
:I tend to disagree. --[[User:George|]]

Di atas akan menghasilkan ini:

How's the soup?--Bob

It's great!! --Lisa
Not too bad... --George
I made it myself! --Bob

I think the soup-discussion should be moved to Talk:Soup... --Lisa

I tend to disagree. --George

Lihat pula[edit]

Links to other help pages

Help contents
Meta · Wikinews · Wikipedia · Wikiquote · Wiktionary · Commons: · Wikidata · MediaWiki · Wikibooks · Wikisource · MediaWiki: Manual · Google
Versions of this help page (for other languages see further)
What links here on Meta or from Meta · Wikipedia · MediaWiki
Reading
Go · Search · Namespace · Page name · Section · Backlinks · Redirect · Category · Image page · Special pages · Printable version
Tracking changes
Recent changes (enhanced) | Related changes · Watching pages · Diff · Page history · Edit summary · User contributions · Minor edit · Patrolled edit
Logging in and preferences
Logging in · Preferences
Editing
Starting a new page · Advanced editing · Editing FAQ · Export · Import · Shortcuts · Edit conflict · Page size
Referencing
Links · URL · Interwiki linking · Footnotes
Style and formatting
Wikitext examples · CSS · Reference card · HTML in wikitext · Formula · Lists · Table · Sorting · Colors · Images and file uploads
Fixing mistakes
Show preview · Reverting edits
Advanced functioning
Expansion · Template · Advanced templates · Parser function · Parameter default · Magic words · System message · Substitution · Array · Calculation · Transclusion
Others
Special characters · Renaming (moving) a page · Preparing a page for translation · Talk page · Signatures · Sandbox · Legal issues for editors