Hak untuk menghilang

From Meta, a Wikimedia project coordination wiki
This page is a translated version of the page Right to vanish and the translation is 100% complete.
Shortcut:
RTV

Hak untuk menghilang pertama kali diusulkan di MeatBall; lihat MeatBall:RightToVanish. Asas yang diusungnya adalah bahwa kontributor yang meninggalkan sebuah proyek secara permanen dapat menghapus kontribusi pribadi yang tidak berhubungan dengan tujuan utama proyek.[1] Hal ini serupa dengan WikiMindWipe, tetapi jangkauannya jauh lebih kecil. Dalam konteks Wikimedia Foundation, kata ini pertama kali digunakan di Wikipedia bahasa Inggris, tempat ia menjadi sebuah tradisi yang lazim sebelum pembentukan Wikimedia Foundation. (Lihat Wikipedia:Courtesy vanishing).

Seperti Wikipedia bahasa Inggris, sebagian besar proyek Wikimedia lainnya memberikan toleransi terhadap "menghilangnya" pengguna yang ingin pergi secara permanen. Istilah ini keliru karena ini bukan "hak" atau jaminan, melainkan sebuah bentuk penghormatan yang diberikan kepada kontributor yang ingin berhenti. Karena kontribusi dibuat di bawah GFDL atau CC-BY-SA, yang menawarkan izin yang tidak dapat dibatalkan, tidak ada dasar hukum atau kontrak bagi kontributor untuk menghapus konten yang mereka kontribusikan atau atribusi untuk konten tersebut.

Memahami proses pemenuhan permintaan untuk menghilang

  • Nama pengguna — Nama pengguna pada umumnya tidak dapat dihapus, tetapi terkadang dapat diubah. Sekalipun hal ini sudah dilakukan, Anda masih dapat terhubung dengan nama baru dan lama Anda dengan sedikit usaha.
  • Karya dalam proyek — Tulisan Anda, termasuk "tanda tangan" (teks yang menunjukkan kepemilikan komentar Anda) dalam semua halaman, kecuali halaman pengguna dan pembicaraan, biasanya tidak akan diubah atau dihapus. Mengubah hal ini akan menjadi sumber disrupsi yang besar. Perubahan individual pada halaman yang memuat informasi pengenal personal dapat disembunyikan.
  • Halaman pengguna, dan subhalamannya, dan halaman non-artikel lain yang tidak ada kontribusinya secara mendasar dan keberadaannya tidak berdampak pada proyek, dapat dikosongkan atau dihapus. Halaman pembicaraan pengguna biasanya jarang dihapus.
  • Log — Log administratif dan editorial yang menunjukkan hal-hal yang telah Anda lakukan selama menekuni karier Anda sebagai editor, seperti riwayat penyuntingan Anda di halaman lain, biasanya akan tetap dapat diakses di bawah nama lama Anda.
  • Hal-hal tertentu yang dibahas secara lebih terperinci di bawah ini meliputi: memulai dari awal, menghapus informasi pribadi dari tampilan publik, dan tindakan lain yang dapat Anda lakukan.

Informasi pribadi dan menghapusnya

Artikel utama: Privacy policy

Definisi informasi pribadi: Informasi yang Anda berikan kepada kami atau informasi yang kami kumpulkan dari Anda yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda secara pribadi. Sebagai penjelasan, meskipun kami belum tentu mengumpulkan semua jenis informasi berikut ini, kami menganggap setidaknya informasi berikut ini sebagai "informasi pribadi" jika informasi tersebut tidak bersifat publik dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda:

  • (a) nama asli, alamat, nomor telepon, alamat surel, kata sandi, nomor identifikasi pada kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah, alamat IP, informasi agen pengguna, nomor kartu kredit;
  • (b) ketika terasosiasi dengan salah satu poin dalam subbagian (a), setiap data sensitif seperti tanggal lahir, jenis kelamin, orientasi seksual, asal ras atau etnis, status perkawinan atau keluarga, kondisi medis atau disabilitas, afiliasi politik, dan agama; dan
  • (c) salah satu poin dalam subbagian (a) atau (b) ketika dikaitkan dengan akun pengguna Anda.

Dua kebijakan mengatur informasi pribadi. Setiap orang dalam perannya sebagai penyunting, kontributor, dan pembaca proyek-proyek Wikimedia, harus mengacu pada kebijakan privasi. Informasi tentang perorangan yang menjadi bagian dari artikel ensiklopedia, tunduk pada resolusi tentang biografi orang yang masih hidup. "Hak untuk menghilang" secara khusus berhubungan dengan hal pertama.

  • Proyek-proyek Wikimedia akan membuang informasi pribadi mengenai penyunting dan kontributor (kemungkinan besar pada halaman pembicaraan pengguna dan pengguna) atas permintaan mereka, dengan ketentuan bahwa informasi tersebut tidak diperlukan untuk alasan administratif (yang umumnya terbatas untuk menangani masalah penyalahgunaan situs).
  • Informasi pribadi yang terhubung dengan artikel ensiklopedia dan orang-orang yang disebutkan di dalamnya tidak tercakup dalam "hak untuk menghilang". Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat kebijakan editorial terkait artikel biografi, yang berisi informasi lengkap mengenai arahan editorial, dan tindakan yang dapat dilakukan jika Anda tidak puas.

Tindakan alternatif

Secara umum, pengungkapan informasi pribadi yang tidak disengaja ditangani melalui penyembunyian. Tidak ada kebutuhan untuk menghapusnya kecuali jika informasi yang diketahui publik cukup terkenal dan dapat diakses sehingga penyembunyian tidak dapat memberi perlindungan.

Selain itu, nama pengguna juga dapat diubah yang tunduk pada kondisi dan proses yang luas.

Jika Anda telah menggunakan nama asli atau nama pena yang sudah lama Anda gunakan dalam proyek-proyek Wikimedia, pada dasarnya semua yang Anda tulis dapat ditelusuri ke nama tersebut, dan dengan demikian ke Anda, seperti yang telah dibahas di atas. Namun, jika Anda memutuskan untuk meninggalkan proyek-proyek Wikimedia, tersedia beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keterhubungan tersebut. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Ubah nama pengguna Anda ke nama lain, yang tidak terasosiasi langsung dengan Anda (lihat Mengubah nama pengguna).
  2. Ubah acuan ke nama pengguna lama Anda untuk dijadikan acuan ke nama pengguna pengganti (Anda dapat melakukannya sendiri).
  3. Menghapus pengguna dan subhalaman pengguna yang sudah ada (hubungi pengurus). Halaman pembicaraan pengguna hanya dihapus dalam sejumlah kondisi.
  4. Sewaktu masuk log dengan nama pengguna lama Anda, buatlah halaman pembicaraan pengguna dan pengguna baru untuk akun lama Anda, yang berisi catatan singkat yang mengindikasikan bahwa Anda telah keluar dari proyek-proyek Wikimedia dan meminta agar orang-orang tidak menyebut Anda dengan nama Anda.

Mohon diperhatikan bahwa setiap suntingan atau tulisan yang Anda buat, akan muncul di riwayat halaman dengan akun yang Anda gunakan saat itu. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan penggunaan nama login Anda. Pastikan Anda tidak menyunting halaman lama atau halaman yang biasa Anda kunjungi, ketika Anda masuk log dengan nama yang tidak Anda inginkan untuk diasosiasikan dengan akun tersebut.

Cara mengajukan permohonan untuk menghilang

Jika Anda ingin mengajukan hak untuk menghilang, Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut dalam mengajukan permohonan:

  • Cara terbaik dan tercepat adalah dengan mengunjungi Special:GlobalRenameRequest untuk mengakses antarmuka permintaan ganti nama. Permohonan yang dibuat dengan cara ini akan diproses oleh pengubah nama global atau penatalayan. Cantumkan "permintaan untuk menghilang" di kolom alasan. Nama pengguna yang Anda minta harus berbentuk "Renamed user nnnnnnnn" dan ganti n dengan karakter acak.
  • Anda dapat menghubungi pengubah nama global melalui surel dan meminta agar akun Anda diganti namanya, dengan menulis "permintaan untuk menghilang" sebagai subjek. Silakan masuk log lalu gunakan antarmuka kontak melalui Special:EmailUser/Wikimedia Global-renamers atau kirim surel ke renamers(_AT_)wikimedia(_DOT_)org. Jika mengirim surel secara langsung, Anda harus memberikan bukti bahwa akun tersebut memang milik Anda.

Catatan:

  • Perlu diketahui bahwa semua penggantian nama global dicatat secara publik, tetapi hanya informasi permintaan yang dirahasiakan. Catatan permintaan akan disimpan dan dapat dilihat oleh para pengubah nama saat ini, pengurus, dan staf Wikimedia Foundation.
  • Menghilang dengan hormat umumnya tak tersedia bagi pengguna yang sedang dikunci atau diblokir.

Catatan

  1. Hal-hal yang dianggap relevan dengan tujuan berbagai proyek diserahkan kepada kebijaksanaan lokal, tetapi secara umum lebih banyak melibatkan konten informasi proyek daripada sisi pemeliharaan/administrasi.

Lihat pula