Kode Etik Universal/Konsultasi 2021

From Meta, a Wikimedia project coordination wiki
This page is a translated version of the page Universal Code of Conduct/2021 consultations and the translation is 97% complete.

VOTE HERE

Kode Etik Universal
Halaman ini memuat konsultasi tentang penegakan Kode Etik Universal yang berlangsung sepanjang bulan April 2021. Konsultasi dilakukan pada proyek-proyek Wikimedia. Anda dapat membaca ringkasan hasil konsultasi pada halaman ini. Untuk bertanya atau memberikan komentar, harap gunakan halaman pembicaraan ini dan gunakan bahasa apapun yang Anda kuasai.

Yayasan Wikimedia meminta pendapat dari komunitas Wikimedia global mengenai penegakan Kode Etik Universal (UCoC). Periode konsultasi ini akan berlangsung dari 5 April hingga 5 Mei 2021.

Tujuan konsultasi ini adalah untuk merumuskan sebuah mekanisme penegakan yang akan diharmonisasi oleh Komite Perumus dan diajukan untuk ditinjau oleh komunitas global secara keseluruhan pada akhir tahun ini. Proposal ini dapat diintegrasikan dengan proses yang telah ada atau sebagai tambahan pelengkap.

Kami menganjurkan partisipasi Anda dalam konsultasi ini, agar Kode Etik Universal dan penegakannya kelak dapat diterima dengan baik oleh komunitas Wikimedia di seluruh dunia.

Tujuan konsultasi

Setiap komunitas Wikimedia memiliki keperluan dan struktur yang berbeda-beda. Pada tahap kosnultasi ini, saran dan pendapat dari komunitas mengenai kedua hal tersebut akan dikumpulkan dan diorganisir untuk mendukung pekerjaan Komite Perumus UCoC, yang bertugas untuk merumuskan sebuah mekanisme penegakan yang akan diajukan pada komunitas untuk ditinjau dan disahkan pada akhir tahun ini.

Saran dan pendapat dari komunitas Wikimedia telah dikumpulkan melalui diskusi-diskusi terpisah tentang UCoC. Fase 2 UCoC dimulai pada bulan Februari 2021 dengan menyasar komunitas tertentu; misalnya, konsultasi komunitas bahasa lokal menghimpun aspirasi dari 11 komunitas sasaran. Pada saat ini, konsultasi dengan organisasi mitra Wikimedia sedang berlangsung, dan konsultasi dengan fungsionaris komunitas Wikimedia direncanakan berlangsung pada tanggal 10 dan 11 April 2021.

Konsultasi ini bertujuan untuk menghimpun saran dan pendapat tentang Fase 2 UCoC dari seluruh komunitas Wikimedia, terutama dari komunitas yang belum dijangkau oleh Fase 2. Tujuan konsultasi ini adalah untuk merumuskan sebuah mekanisme penegakan yang akan dirancang oleh Komite Perumus dan diajukan untuk peninjauan umum oleh komunitas pada akhir tahun ini. Jika Anda telah urun saran atau pendapat, Anda diundang untuk tetap berkontribusi pada diskusi tahap ini, namun Anda juga tidak diharapkan untuk mengulangi apa yang sudah Anda utarakan pada diskusi Fase 2 lainnya.

Saran dan pendapat yang dihimpun akan diharmonisasikan dengan mekanisme penegakan kebijakan perilaku yang sudah ada atau membantu menciptakan sebuah mekanisme baru untuk menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. Kami berharap untuk dapat mendengar pendapat dari pengguna yang sudah berpengalaman dan juga yang masih baru atau belum terlalu familiar dengan cara menyelesaikan sengketa atau melaporkan isu-isu tertentu; serta juga dari pengguna yang mengetahui dengan baik bagaimana platform berskala global lain mengatasi masalah yang serupa. Kami ingin mendukung sebuah diskusi yang baik dan terstruktur, di mana semua orang dapat berbagi perspektif mereka dan belajar dari pendapat orang lain.

Struktur konsultasi

Diskusi global sedang diselenggarakan pada banyak proyek Wikimedia dalam berbagai bahasa. Komunitas yang berminat dianjurkan untuk memulai diskusi menggunakan bahasa mereka masing-masing. Setiap komunitas dianjurkan pula untuk memilih seorang pengguna yang tepercaya untuk membuat sebuah ringkasan yang netral dan imparsial, bila memungkinkan dalam bahasa Inggris. Jika komunitas Anda tidak memiliki seorang penerjemah ke dalam bahasa Inggris, silakan menyerahkan ringkasan tersebut dalam bahasa apapun dan tim fasilitator akan berusaha untuk menerjemahkannya sebaik mungkin.

Anda dapat memilih bahasa yang Anda inginkan dan cara berpartisipasi yang paling nyaman untuk Anda. Tim fasilitator mengawasi berbagai saluran diskusi dan mengorganisir proses urun saran dan pendapat dari berbagai komunitas dan kelompok penyunting. Peserta diskusi dapat menyelenggarakan disekusi mereka di proyek lokal, di Meta, atau pada tempat lain yang dirasa nyaman menggunakan pertanyaan yang sudah disediakan. Tim fasilitator bersedia untuk membantu dalam proses mengorganisir diskusi.

Topik diskusi

Konten pada bagian ini ditransklusikan dari subhalaman diskusi.

Dukungan Komunitas

  1. Bagaimanakah caranya mengukur efektivitas upaya anti-gangguan keamanan?
  2. Tindakan apa yang dapat dilakukan, dan infrastruktur apa yang mesti ada, untuk mendukung para editor yang menjadi sasaran gangguan keamanan dan yang menangani kasus-kasus perilaku?
  3. Jaringan formal maupun informal macam apa yang semestinya tersedia untuk para kontributor? Apa yang perlu diadakan untuk membantu jaringan tersebut berfungsi dengan baik, dan tantangan apa yang akan harus dihadapi?
  4. Peluang tambahan seperti apa yang perlu diwujudkan untuk mendukung para kontributor secara efektif? Apa yang akan berguna dalam mendukung komunitas, kontributor, sasaran gangguan keamanan, dan mereka yang bertugas menanganinya?


Mekanisme Pelaporan

  1. Bagaimana mekasnime pelaporan dapat ditingkatkan untuk para sasaran gangguan keamanan? Perubahan macam apa yang akan mempermudah atau memperumit para kontributor untuk mengirimkan laporan gangguan keamanan?
  2. Apa cara terbaik untuk menajamin penanganan yang aman dan layak terhadap kejadian yang melibatkan i) individu dari golongan yang rentan; ii) gangguan keamanan yang serius; atau iii) ancaman kekerasan?
  3. Sejauh pengalaman Anda, apakah cara yang efektif untuk merespon para kontributor yang berperilaku cenderung mengganggu keamanan dan kenyamanan kontributor lain?
  4. Dengan cara apa sebaiknya mekanisme pelaporan menyediakan pilihan untuk mengadakan mediasi, reformasi, atau panduan mengenai perilaku yang dapat diterima dalam komunitas?


Pengurusan Laporan

  1. Telah diketahui bahwa membuat proses pelaporan menjadi lebih mudah akan meningkatkan jumlah laporan yang masuk. Dengan cara apakah penanganan laporan dapat dibuat lebih baik lagi?
  2. Sumber daya tambahan macam apa yang akan bermanfaat dalam mengidentifikasi dan menangani gangguan keamanan dan masalah perilaku lainnya?
  3. Apakah ada sumber daya manusia, teknis, pelatihan, atau yang berbasis pengetahuan yang dapat disediakan oleh Yayasan Wikimedia untuk membantu para sukarelawan?
  4. Bagaimanakah seharusnya penanganan kejadian yang berlangsung di luar proyek Wikimedia namun memiliki kaitan tertentu, seperti pada pertemuan daring atau luring?


Penanganan Laporan

  1. Dengan cara apakah laporan mengenai gangguan keamanan harus ditangani sehingga dapat meyakinkan kontributor yang berkepentingan bahwa masalah mereka akan diselesaikan dengan baik dan bertanggungjawab?
  2. Proses peninjauan kembali macam apa yang harus diterapkan jika kontributor yang berkepentingan ingin mengajukannya terhadap keputusan yang diambil atau tidak diambil?
  3. Apabila tersedia pilihan untuk melaporkan kejadian gangguan keamanan secara privat, bagaimanakah cara untuk menyeimbangkan tanggungjawab untuk melindungi keamanan dan kenyamanan pihak pelapor dengan keperluan transparansi dan pertanggungjawaban publik?
  4. Pengendalian privasi macam apa yang perlu diterapkan untuk proses pelacakan data pada sistem pelaporan yang digunakan untuk mencatat pelanggar keamanan antar-wiki atau jangka panjang?


Pertanyaan Global

  1. Bagaimana pelanggaran keamanan semestinya ditangani bila tidak ada lembaga lokal yang mampu untuk menanganinya (misalnya apabila ada tuduhan terhadap para pengurus atau fungsionaris)?
  2. Pada masa lalu, gerakan Wikimedia secara global telah mengidentifikasi proyek-proyek tertentu yang memiliki masalah dengan netralitas konten dan isu perilaku. Bagaimana caranya proses peninjauan dan pengawasan yang aman dan tepat dapat dilakukan dalam situasi ini?
  3. Apakah sebuah lembaga penyelesaian sengketa tingkat global akan dapat diterima oleh komunitas Anda?

Ikut serta

Diskusi yang sedang berlangsung ada di bawah ini. Jika belum ada diskusi yang sudah dimulai pada komunitas Anda, Anda diundang untuk memulainya dengan menyalin pertanyaan dari subhalaman diskusi ke sebuah halaman di proyek lokal Anda. Harap diingat bahwa pertanyaan tersebut mungkin perlu diterjemahkan; bila dirasa sudah siap, Anda dapat mulai mengundang pengguna lain untuk berdiskusi dan menaruh pranala ke halaman diskusi di bawah. Jika Anda memerlukan bantuan, silakan tinggalkan pesan di halaman pembciaraan dalam bahasa apapun yang Anda kuasai.

Setelah memulai diskusi di proyek lokal Anda, tambahkan pranalanya di bawah ini:

Discuss yang sedang berlangsung
Nama proyek Pranala diskusi lokal Catatan
Global / Meta-Wiki m:Talk:Universal Code of Conduct/2021 consultations/Discussion silakan tinggalkan pesan di halaman pembciaraan dalam bahasa apapun yang Anda kuasai
Russian Wikinews n:ru:Викиновости:Форум/Общий/Архив/2021#Консультации по Универсальному кодексу поведения
Wikipedia bahasa Inggris w:en:Wikipedia:Universal Code of Conduct/2021 consultation
Wikipedia bahasa Rusia w:ru:Википедия:Опросы/Консультация по правоприменению Универсального кодекса поведения (2021)
Wikipedia bahasa Tionghoa w:zh:Wikipedia:互助客栈/消息#通用行为准则/2021咨询
Wikipedia bahasa Portugis pt:Wikipédia:Esplanada/geral/Código Universal de Conduta (6mai2021)