Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia

From Meta, a Wikimedia project coordination wiki
This page is a translated version of the page Wikimedia Foundation Annual Plan and the translation is 100% complete.
De Groene Verbinding
De Groene Verbinding

Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia adalah rencana sebagai panduan kerja Yayasan Wikimedia setiap tahun. Rencana tahunan disusun sesuai dengan tahun anggaran Yayasan Wikimedia. Tahun anggaran dimulai pada 1 Juli dan berakhir pada 30 Juni tahun berikutnya. Proses pembuatan rencana tahunan seringkali disebut dengan Proses Perencanaan Tahunan (APP).

Daftar rencana tahunan

Pertanyaan umum

  1. Apa itu rencana tahunan?
    Rencana tahunan adalah dokumen perencanaan tingkat teratas dari sebuah organisasi dan bertujuan untuk menggambarkan hasil yang akan dicapai pada tahun mendatang. Dokumen tersebut berisi uraian prioritas utama, kebutuhan sumber daya, dan hasil yang diharapkan serta disusun bersama dengan Gerakan Wikimedia. Dokumen tersebut juga disesuaikan dengan kerangka komitmen multitahun dan arahan strategis Gerakan Wikimedia.
    Untuk Yayasan Wikimedia, rencana tahunan ini ditujukan untuk memberikan panduan terarah sepanjang tahun kepada para manajer dan tim masing-masing proyek. Dokumen ini tidak ditujukan sebagai dokumen dengan daftar proyek teknis, karena akan berkembang sepanjang tahun. Rencana tahunan juga berisi prioritas dan anggapan dasar dalam tingkat tinggi yang memandu tim kami untuk meneliti, merancang, menguji, dan menerapkan strategi yang berbeda. Sasaran utama rencana tahunan adalah departemen, tim, dan staf perorangan internal yang diharapkan dapat menggunakannya sebagai panduan kerja mereka sepanjang tahun serta tercermin dalam gaya, bahasa, dan struktur rencana. Dokumen ini disusun melalui proses kerja sama dan diterbitkan setiap tahun. Pertama dalam bentuk dokumen rancangan. Kemudian, akan menjadi dokumen akhir yang menjadi bagian keterbukaan serta bentuk permintaan umpan balik dari komunitas Wikimedia.
  2. Apa saja yang menjadi bagian utama dari rencana tahunan?
    Semenjak tahun anggaran 2023-2024, Yayasan Wikimedia telah mulai menerbitkan bagian khusus untuk empat bidang tujuan utama yang berakar pada arahan strategis yaitu Infrastruktur, Kesetaraan, Keamanan & Integritas, serta Efektivitas. Pada umumnya, rencana tahunan juga mencakup informasi tentang kecenderungan eksternal utama yang mungkin berdampak pada upaya kami, serta kegiatan operasional, fungsi departemen, anggaran, program hibah, dan pola pendapatan kami.
  3. Mengapa Yayasan Wikimedia mempunyai rencana tahunan?
    Rencana tahunan membantu Yayasan Wikimedia dalam menghubungkan upaya sehari-hari yang dilakukan pegawai dengan misi dan visi kami yang lebih luas, kebutuhan dunia dari kita, serta arah strategis Wikimedia. Proses penyusunan rencana tahunan adalah masa ketika para pimpinan Yayasan Wikimedia mempertimbangkan prioritas yang diajukan mengenai cara tim mereka menghabiskan waktu untuk upaya yang dilakukan serta memastikan bahwa kebutuhan pembaca, kontributor, donatur, dan platform kita yang rumit dan bertumbuh sudah dipenuhi. Rencana tahunan juga memberikan kesempatan kepada para pegawai Yayasan Wikimedia untuk memeriksa prioritas tersebut dan meningkatkan cara bekerja dengan sukarelawan, organisasi mitra lokal, Dewan Pengawas serta pegawai lintas tim dan departemen.
  4. Bagaimanakah gambaran jangka waktu rencana tahunan?
    Yayasan Wikimedia mengikuti kalender tahun anggaran Juli-Juni. Hal ini berarti bahwa tahun anggaran 2024-2025 mencakup bulan Juli 2024 hingga Juni 2025. Dalam tahun tersebut, kami biasanya melakukan pelacakan kinerja kita dalam triwulan, masing-masing berjangka tiga bulan.
  5. Bagaimana proses penyusunan rencana tahunan?
    Prosesnya mengalami perubahan sedikit demi sedikit setiap tahunnya. Namun, selama beberapa tahun terakhir, kami terus melakukan pengembangan dan peningkatan proses perencanaan dengan semangat kerja sama.
    Pembahasan untuk tahun anggaran 2024-2025 dimulai dengan sesi Bincang Komunitas 2024. Acara tersebut merupakan acara bincang-bincang antara Yayasan Wikimedia (pegawai, pimpinan, Dewan Pengawas) dan kontributor Wikimedia dari seluruh dunia. Umpan balik dari acara tersebut berupa hal prioritas yang dijabarkan dalam bentuk tujuan rencana tahunan. Sesi Bincang Komunitas 2024 juga diikuti dengan undangan acara diskusi bersama dengan Kepala Tim Produk & Teknologi, Selena Deckelmann, untuk mendapatkan masukan dalam situs Wiki tentang sasaran yang diusulkan mengenai upaya produk dan teknologi Yayasan Wikimedia pada tahun berikutnya. Sasaran tersebut dibangun dari hasil percakapan dalam sesi Bincang Komunitas 2024 yang terus berlangsung dan kemudian menyoroti kebutuhan platform dan kontributor daring kami. Hasil diskusi untuk topik produk dan teknologi diterbitkan pada akhir Maret, kemudian disusul dengan bahan lengkap rencana tahunan pada tanggal 11 April 2024.
    Kami menyambut gagasan Anda ingin ajukan mulai dari sekarang hingga 31 Mei 2024. Kami juga akan terus memperbaharui halaman ini dengan diskusi baru melalui situs Wiki atau langsung serta dalam berbagai saluran komunikasi dan bahasa. Diskusi tersebut merupakan saat kontributor Wikimedia bisa membagikan pandangan mereka tentang usulan rencana tahunan serta tujuan mereka sendiri untuk tahun mendatang. Kami terilhami dengan hasil upaya banyak orang sehingga kami akan terus mencari kesempatan untuk bisa bekerja sama serta belajar bersama dalam proses penyusunan rencana tahunan ini. Kami juga mengetahui upaya yang dilakukan orang lain di Gerakan Wikimedia dan mitra-mitra lain. Tahun ini, Anda bisa memilih banyak cara untuk terlibat dalam pembicaraan ini, bisa melalui situs Meta-Wiki, ruang komunitas yang dibuat secara bersama-sama, halaman proyek Wikimedia, dan juga kanal komunitas.
  6. Hal apa saja yang akan dimasukkan dalam rencana tahunan?
    Ada beberapa faktor yang menentukan hal apa saja yang akan dimasukkan dalam rencana tahunan Yayasan Wikimedia. Kami mulai berpikir tentang “apa yang dibutuhkan dunia dari kita”? Hal tersebut menunjukkan kami perlu melihat kecenderungan yang terjadi di kancah global, seperti kemunculan misinformasi dan disinformasi, akal imitasi (AI), perubahan kecenderungan cara mencari informasi, dan perubahan peraturan tingkat global.
    Hal berikutnya yang kami pikirkan adalah “apa yang dibutuhkan para pengguna dari kita”? Pada tingkat yang paling mendasar, para pengguna kita mencakup kontributor, pembaca, dan pihak lain yang menggunakan konten kita, dan juga donatur. Yang kami maksud dengan kontributor adalah siapa pun yang menyumbangkan waktu mereka untuk mengembangkan atau meningkatkan kualitas konten pada proyek Wikimedia termasuk editor (dari semua tingkat pengalaman), pengunggah konten, dan pengembang sukarelawan. Kategori kedua mencakup semua orang, mulai dari pembaca perorangan, peneliti akademis, hingga organisasi berskala besar yang mengonsumsi dan menggunakan ulang konten Wikimedia. Yang kami maksud dengan donatur adalah siapa saja yang memberikan bantuan finansial dalam jumlah berapa pun dan melalui metode apa pun. Kami mencoba untuk merenungkan hal apa saja yang telah kami dengar sepanjang tahun dari Gerakan Wikimedia. Hal-hal seperti kecenderungan global yang harus kita perhatikan, kebutuhan infrastruktur dan perangkat lunak, tantangan hukum dan peraturan, serta hal apa yang harus dunia ketahui tentang upaya kita bersama ini.
    Terakhir, bagian penting dari rencana tahunan adalah hal apa saja yang tidak kami singgung. Selama masa perencanaan tahunan, pegawai dan pimpinan Yayasan Wikimedia harus mempertimbangkan pertukaran penting terkait masa depan produk dan program kami. Salah satu penyebabnya karena anggaran operasional kami meningkat setiap tahunnya. Intinya, kami dapat mempergunakan dana yang kami kumpulkan pada tahun tersebut dan sejumlah porsi kecil dari jumlah dana akan dimasukkan ke dalam dana cadangan (untuk kejadian tak terduga) dan Dana Abadi Wikimedia Endowment (untuk pendapatan jangka panjang yang lebih stabil). Rencana kami bergantung dengan anggaran dan perkiraan pendapatan selama setahun serta komitmen kami dalam mempertahankan rasio pengeluaran program yang lebih besar.
    Bagi sebagian orang, pertukaran anggaran tampaknya mustahil mengingat betapa besarnya anggaran tahunan kami. Namun, kami harus tetap merencanakan pertimbangan ini secara praktis mengenai cara anggaran tersebut dipergunakan untuk mendukung infrastruktur teknis yang dapat kita pelihara. Dengan sudut pandang tersebut, Yayasan Wikimedia mendapatkan posisi yang unik: tidak ada organisasi teknologi besar lainnya di dunia yang mampu beroperasi dengan anggaran nirlaba, tanpa iklan atau penjualan data, bila dilihat dari lalu lintas situs web, jejak daring, kemampuan multibahasa, dan penggunaan ulang konten. Akibatnya, banyak pertanyaan yang kita pikirkan biasanya bukanlah “Apa yang perlu diperbaiki?”, tetapi “Apakah kesempatan atau masalah paling penting yang perlu kita fokuskan tahun ini? Apakah tim kita bisa menghasilkan dapat yang berarti untuk bidang tersebut dengan sumber daya yang kita miliki ini?"
  7. Apa itu "tujuan dan hasil kunci" (OKR) serta "anggapan dasar"?
    Kami mulai mempergunakan istilah perencanaan ini secara lebih konsisten dalam rencana tahunan TA 2023-2024 dan akan terus melakukan hal yang sama pada masa mendatang.
    Perencanaan strategis yang baik berarti dimulai dengan menemukan dampak atau perubahan yang ingin kami wujudkan untuk hal tertentu, seperti membuat agar konten Wikimedia bisa lebih mudah ditemukan, mengurangi waktu muat situs di seluruh belahan dunia, meningkatkan retensi pendatang baru, meningkatkan alur kerja moderator atau melindungi dari jenis ancaman hukum tertentu. Hal tersebut yang dimaksud sebagai “tujuan” atau pernyataan yang menggambarkan dampak lebih besar yang kami harapkan bisa dicapai.
    Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi beberapa pernyataan yang dapat diukur sehingga bisa membantu kami untuk mencapai tujuan yang lebih besar dan penuh ambisi. Hal tersebut dikenal sebagai "hasil kunci" dan mewakili cara tingkat tinggi yang dapat menunjukkan apakah tujuan tersebut sudah bisa kami capai. Dari situlah, kami membuat anggapan dasar yang menggambarkan kepercayaan masing-masing tim dalam berkontribusi agar hasil kunci itu bisa dicapai. Anggapan dasar merupakan cara kami menggambarkan secara rinci upaya saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Informasi tentang anggapan dasar tersebut bisa ditemukan di masing-masing halaman proyek.
    Terakhir, OKR tidak ditujukan untuk bisa menggambarkan semua hal yang kami lakukan. Ada banyak hal-hal terkait tugas pemeliharaan yang juga menghabiskan banyak waktu para pegawai Yayasan Wikimedia sepanjang tahun, termasuk tata kelola merek dagang dan jenama, pemeliharaan perangkat lunak dan perbaikan kut, keterandalan dan keamanan situs, serta tata kelola hubungan masyarakat dan nama baik.
  8. Mengapa semuanya terdengar begitu samar?
    Secara umum, rencana tahunan mencerminkan apa yang kami harapkan untuk bisa diubah atau dicapai pada tahun anggaran terkait. Setelah prioritas tersebut ditetapkan, tim dari Yayasan Wikimedia akan menghabiskan waktu selama satu tahun untuk bisa menemukan cara agar perubahan tersebut bisa dicapai, seperti fitur produk terbaru, sistem data, alur kerja teknis, strategi hukum, kampanye komunikasi, atau program komunitas, dan selanjutnya akan menerapkannya.
  9. Bagaimana Yayasan Wikimedia mengevaluasi serta membagikan kemajuan dan dampak yang dihasilkan?
    Rencana tahunan berisi bagian tentang metrik yang kami pergunakan untuk mengukur dampak dan kemajuan terhadap rencana yang disusun. Kami menerbitkan informasi tersebut secara rutin. Silakan lihat contohnya dalam pos di Diff "Penguatan Jejaring di Gerakan Wikimedia" serta informasi terbaru mengenai kemajuan dari rencana tahunan 2023-2024 dalam "Kemajuan rencana tahunan: Bagaimana Yayasan Wikimedia bisa memajukan tujuan yang tercantum dalam Rencana Tahunannya".
  10. Apakah rencana tahunan sama dengan laporan tahunan?
    Tidak. Rencana tahunan adalah dokumen rencana untuk kinerja pada satu tahun mendatang. Sasaran pembaca utama untuk dokumen ini adalah pegawai, sukarelawan, donatur, dan pembaca. Laporan tahunan merupakan dokumen yang berisi renungan kinerja tahun sebelumnya dan bertujuan untuk menyoroti dampak yang sudah dilakukan terhadap dunia. Sasaran pembaca utama yaitu para donatur dan masyarakat umum.

Lihat juga